Pages

Senin, 09 November 2015

Tagged Under:

Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer

By: TEKNIK On: 19.17
  • Share The Gag
  • Bab 4

    Teknologi Perangkat Keras
    Komputer
    4.1 Pendahuluan
    Komputer adalah peralatan elektronik yang terdiri dari perangkat
    keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang memiliki
    kemampuan atau digunakan untuk membantu tugas manusia dengan
    cara menerima dan mengolah data yang dimasukkan menjadi
    informasi berdasarkan program yang dimiliki, yang kemudian
    hasilnya ditampilkan/ disimpan/ dikirim melalui perangkat keluaran.
    4.1.1 Perangkat Masukan
    Perangkat masukan (input devices)digunakan untuk pemasukan data
    yang akan diproses. Beberapa Perangkat masukan yang umum
    digunakan pada suatu komputer adalah keyboard, mouse, joystick,
    touch screen, voice recognition, dan lain-lain.
    Gambar 4.1 Perangkat masukan
    66  Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
    4.1.2 Perangkat Pemroses
    Perangkat pemroses (processing devices)digunakan untuk memproses
    data yang telah dimasukkan melalu perangkat masukan. Perangkat ini
    juga digunakan untuk menerima  masukan serta meneruskan hasil
    pemrosesan data tersebut ke perangkat keluaran. Pada dasarnya,
    bagian inilah yang disebut sebagai "otak"komputer. Perangkat ini
    dikerjakan oleh perangkat yang disebut sebagai "microprocessoratau
    sering disebut processor". Pasar komputer saat ini masih didominasi
    oleh prosesor yang dikeluarkan oleh Intel Corp. Saat ini, prosesor yang
    kebanyakan beredar di pasaran adalah Pentium IV.
    Intel PentiumD (exterior)
    AMD Athlon X2
    Gambar 4.2 Prosesor
    4.1.3. Perangkat Keluaran
    Perangkat keluaran (output devices)digunakan untuk menampilkan
    hasil pemrosesan yang dikerjakan oleh processor. Hasil tersebut bisa
    ditampilkan dalam bentuk tercetak (hard copy). Beberapa Perangkat
    yang masuk dalam kategori ini adalahmonitor, printer, plotter, dan
    lain-lain.
    Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer  67
    Gambar 4.3 Perangkat keluaran
    Perkembangan teknologi perangkat keras ini berlangsung dengan
    sangat cepat, meskipun demikian konsep dari komponen perangkat
    keras di atas akan tetap sama.
     Beberapa perangkat keras tambahan bisa disebutkan disini
    antara lain media penyimpan (storage)untuk menyimpan data yang
    akan diproses oleh processor.
    Gambar 4.4 Perangkat penyimpanan
    4.2 Perangkat Masukan
    Input data yang dimasukkan ke dalam memori komputer, akan
    diproses oleh CPU. Output dihasilkan dengan tampilan pada layar
    monitor atau cetakan hasil pada printer, atau dihasilkannya input
    untuk sistem yang lain.
    68  Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
    4.2.1 Mouse
    Mouse adalah pointing deviceyang paling banyak digunakan. Mouse
    memiliki bola yang berputar padalandasannya. Jika permukaan
    digeser, maka bola akan berputar dan mengirimkan sinyal ke
    komputer untuk merubah posisi dari kursor.
    Secara fisik, mouse juga terbagi atas 4, yaitu :
    ƒ  Mouse Serial.
    ƒ  Mouse PS/2.
    ƒ  Mouse Wireless.
    ƒ  Mouse USB.
    Gambar 4.5 Mouse
    4.2.2 Space Mouse
    Space mouse berbeda dari mouse normal karena mempunyai poros X,
    poros Y dan poros Z. Space mouse dapat digunakan untuk
    pengembangan dan memindahkan lingkungan 3-D.
    Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer  69
    Gambar 4.6 Space mouse
    4.2.3 Keyboard
    Keyboard adalah alat masukan yang pertama dikembangkan
    untuk PC. Layout keyboard standar menyediakan 104 kunci diatur
    dalam empat kelompok, yaitu:
    ƒ  Kunci alphanumerik (A-Z, 0-9).
    ƒ  Kunci lokasi (home, end dan lain-lain).
    ƒ  Keypad numerik.
    ƒ  Fungsi kunci (F1-F12).
    Secara fisik, keyboard terbagi atas 4 bagian, yaitu :
    ƒ  Keyboard Serial.
    ƒ  Keyboard PS/2.
    ƒ  Keyboard Wireless.
    ƒ  Keyboard USB.
    Keyboard berisi sejumlah tombol yang membentuk bermacam fungsi,
    yaitu:
    70  Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
    CTRL  Digunakan untuk mengerakkan kode
    control dan kombinasinya dengan key
    yang lain.
    ALT  Digunakan untuk mengenerate fungsi Alt
    dan kombinasinya dengan key yang lain.
    SHIFT  Mengubah karakter huruf kecil ke besar
    dan sebaliknya, atau karakter yang
    terletak di atas tanda yang terlihal pada
    papan keyboard.
    NUMLOCK  Enableatau disablepenggunaan tombol
    numeric keypad
    NUMERIC KEY PAD  Memungkinkan memasukkan data
    numerik, atau jika tombol NUMLOCK off
    berfungsi sebagai tombol pengarah.
    FUNCTION KEYS  F1 sampai F12 adalah tombol fungsi yang
    menyediakan akses ke suatu shortcut
    tertentu misal F1 untuk HELP, F5 untuk
    REFRESH.
    TAB  Digunakan untuk memindah kursor ke
    kanan. Pada saat entri data, tombol Tab
    dapat digunakan untuk memintah dari
    satu kota memasukkan data ke kotak
    berikutnya.
    ENTER  Pada saat menggunakan text editor, dapat
    mengerakkan baris baru. Atau digunakan
    untuk mengirim data ke komputer pada
    saat mode memasukkan data.
    CURSOR ARROW
    KEYS
    Memungkinkan perpindahan kursor.
    Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer  71
    Gambar 4.7 Keyboard ergonomis
    Gambar 4.8 Standar keyboard QUERTY
    Gambar 4.9 Dua bentuk umum konektor keyboard yaitu PS/2 dan DIN
    Terdiri dari layout QWERTY standar dengan keypad numeric dan
    fungsi penambahan function keysuntuk control purposes.
    72  Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
    4.2.4 Bar Code
    Bar code adalah suatu peralatan input yang dirancang untuk tujuan
    yang spesifik. Bar code direpresentasikan sebagai data numerik yang
    dibentuk oleh serangkaian bar (garis).Garis- garis tersebut memiliki
    panjang dan ketebalan yang bervariasi. Bar code mudah dibaca oleh
    light-pen atau peralatan scanner.
    Contoh : Aplikasi Bar-Code.
    ƒ  Super-market.
    ƒ  Stock inventory.
    ƒ  Sistem perpustakaan untuk katalog buku.
    Penjelasan detail tentang Bar-Code
    ƒ  Tiap digit dibuat dari dua garis hitam dan putih yang
    berurutan.
    ƒ  Tiap digit karakter dapat dipecah ke dalam tujuh elemen.
    ƒ  Digit dikodekan secara berbeda tergantung right half atau left
    half dari simbol bar code.
    ƒ  Semua digit pada left halfmemiliki jumlah garis hitam ganjil
    dan dimulai dengan garis putih.
    ƒ  Semua digit pada right halfmemiliki jumlah garis hitam genap
    dan dimulai dengan karakter hitam.
    ƒ  Memungkinkan scanning pada segala arah.
    ƒ  Dua kode simbol(right half dan left half) dipisahkan oleh dua
    garis hitam.
    ƒ  Dua garis hitam tersebut digunakan untuk menandai
    permulaan dan akhir dari simbol bar code.
    ƒ  Universal Product Code (UPC) berisi kode manufacturer dan
    kode produk.
    Kinerja dari Bar Code
    ƒ  Tingkat kesalahan relatif rendah.
    Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer  73
    ƒ  Bar codes dapat discan dengan cepat dan mudah.
    ƒ  Cacat garis pada bar code dapat menyebabkan suatu
    kesalahan.
    Gambar 4.10a. Pembaca Bar Code
    infra red
    Gambar 4.10b. Bar Code
    Bar code adalah suatu pola yang mencetak perbedaan ketebalan garis.
    Sistem memberikan informasi ke dalam komputer dengan cepat dan
    bebas dari kesalahan (error-free).
    4.2.5 Digitising Tablet
    Digitising Tablet adalah suatu alat penunjuk yang memudahkan
    untuk memasukkan pekerjaan gambar dan perancangan yang akurat.
    Gambar 4.11 Digitising tablet dengan pena
    74  Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
    Gambar dapat ditempatkan secara langsung di atas tablet, dan
    pemakai mentraces outline atau memasukkan koordinat posisi dengan
    hand-held stylus.
    4.2.6 Joystick
    Pengguna game akan amat membutuhkan perangkat ini, karena akan
    memudahkan mereka melakukan manuver-manuver yang sulit
    dilakukan oleh penggunaan keyboard dan mouse.
    Gambar 4.12 Joystick
    Jenis joystick yang digunakan pada komputer juga amat banyak,
    termasuk dengan jenis khusus  yang digunakan untuk permainan
    balap mobil atau motor yang dilengkapi dengan roda kemudi dan
    pedal.
    4.2.7 Touch Screen
    Touch Screen atau layar sentuh memungkinkan Anda untuk
    menyentuhkan jari tangan pada pilihan tombol, grafik atau label.
    Tempat yang disentuh merupakan lokasi dimana suatu pilihan atau
    perintah akan di eksekusi. Touch screen digunakan secara luas pada
    kios informasi yang banyak ditemukan di lapangan parkir, airport,
    dan departement store. Touch screen memungkinkan pengguna untuk
    berinteraksi dengan peralatan yang sangat kecil seperti jam casio
    Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer  75
    dengan fasilitas layar sentuh dan dengan komputer seorang pengguna
    bisa berinteraksi dengan hanya menyentuh layar monitor.
    Gambar 4.13 Monitor touch sensitive
    Ada tiga bentuk touch screen: pressure-sensitive, capacitive surfacedan
    light beam.
    4.2.8 Light Pen
    Light Pen adalah pointing device seperti pena dan dihubungkan ke
    VDU. Ujung light pen berisi unsur cahaya yang peka (lightsensitive), ketika ditempatkan terhadap layar, mendeteksi cahaya
    dari layar yang memungkinkan komputer untuk mengidentifikasi
    penempatan pena tersebut pada layar.
    76  Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
    Gambar 4.14 Light pen
    Keuntungan dari Light pen yaitu dapat 'menggambar' secara
    langsung pada layar, tetapi ini bisa menjadi tidak menyenangkan,
    dan tidak seakurat seperti digitising tablets.
    4.2.9 Magnetic Ink Character Recognition (MICR)
    Suatu komputer dapat membaca angka-angka dan huruf cetak
    dengan tinta yang berisi bahan magnetis.
    Gambar 4.15 Detail Cek dari nomor MICR
    Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer  77
    MICR digunakan oleh bank untuk memproses cek. Detil Rekening
    pada dasarnya cek dapat diteliti dan dibaca dengan cara ini, apabila
    MICR itu sendiri terhindar dari kotoran.
    4.2.10 Optical Mark Reader (OMR)
    Optical Mark Reader (OMR) dapat membaca informasi dalam
    bentuk angka-angka atau huruf dan memasukkannya ke dalam
    komputer.
     Tanda harus dengan tepat ditempatkan seperti kertas test
    pilihan berganda.
    Gambar 4.16 Contoh kertasjawaban pilihan berganda
    4.2.11 Scanner
    Scanner mengijinkan informasi seperti foto atau teks untuk
    dimasukkan ke dalam komputer. Scanner pada umumnya berukuran
    A4 (flatbed),seperti ditunjukkan di bawah, atau hand-held untuk men-
    scan area yang jauh lebih kecil.
    Gambar 4.17 Scanner
    78  Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
    Jika teks di-scan, Anda akan menggunakan program Optical Character
    Recognition (OCR) untuk mengenali teks yang dicetak dan kemudian
    mengkonversinya ke file teks digital yang dapat diakses dengan
    menggunakan komputer. Secara umum, scanner terbagi atas 2, yaitu
    flatbed scannerdan handled scanner.
    4.2.12 Hand Scanner
    Hand scanner adalah tipe scanner yang paling nyaman digunakan.
    Hanya dengan menyentuhkan pada image yang akan discan.
    Meskipun resolusinya tidak setinggiscanner yang lain, peralatan ini
    dapat digunakan di manapun, dan kapan saja.
    Gambar 4.18 Hand scanners
    Misal untuk men-scan buku di perpustakaan, atau frame obyek
    gambar seperti peta.
    4.2.13 Magnetic Reader
    Alat masukan ini membaca potongan magnetis pada kartu. Handy
    untuk pertimbangan keamanan, yang menyediakan identifikasi
    secara cepat pemilik kartu.
    Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer  79
    Gambar 4.19 Kartu Kredit
    Metoda ini digunakan untuk menjalankan poin-poin tunai bank atau
    untuk menyediakan identifikasi orang-orang yang memasuki suatu
    bangunan.
    4.2.14 Smart Card
    Alat masukan ini menyimpan datadi dalam suatu mikroprosesor
    yang ditempelkan pada kartu. Ini mengijinkan informasi, dapat
    dibaharui, untuk disimpan pada kartu.
    Gambar 4.20 Chip Microprocessor Smart Card
    80  Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
    Gambar 4.21 Pembaca Smart Card
    Metoda ini digunakan pada kartu toko untuk mengumpulkan poinpoin untuk pembeli, dan untuk menyimpan nomor telepon untuk
    telepon selular.
    4.2.15 Biometric
    Autentikasi identitas seseorang dengan dengan pembuktian
    karakteristik pribadi.
    Sebagai contoh: Fingerprint scanner menangkap kurva dan
    lekukan sidik jari.
    Gambar 4.22 Fingerprint scanner
    Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer  81
    4.2.16 Voice Data Entry
    Sistem ini menerima kata yang diucapkaan sebagai data masukan atau
    perintah.
     Contohnya adalah pidato/ bicara seseorang yang sangat
    kompleks, yang menyertakan penekanan dan ekspresi wajah.
    Gambar 4.23 Microphone yang digunakan untuk masukan data
    Bagaimanapun juga, perintah yangsederhana dari satu pengguna
    dapat digunakan untuk mengendalikan mesin-mesin.
     Dengan cara ini seseorang dapat mengoperasikan suatu kursi
    roda atau mengendalikan pemanas dan lampu.
    4.2.17 Sound Capture
    Dengan penambahan kartu suara (sound card)pada salah satu dari slot
    expansi dari komputer, Anda dapat " Merekam" suara atau musik.
    Gambar 4.24 Sound card
    82  Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
    Sound card mendigitalkan informasi ke dalam format yang dapat
    dimengerti komputer.
    4.2.18 Video Capture
    Dengan papan video capture pada salah satu dari slot expansi
    komputer Anda, maka Anda dapat menangkap gambar video
    (fotografis) melalui suatu kamera video.
    Papan video capture Video mendigitalkan image.
    Gambar 4.25 Kartu Video Capture
    4.2.19 Kamera Digital
    Kamera Digital adalah kamera yang mengkonversi foto yang
    ditangkap secara langsung  ke dalam digital image dan
    menyimpannya secara lokal dalam kamera untuk kemudian dapat
    dimasukkan ke komputer.
    Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer  83
    Gambar 4.26 Kamera Digital
    Image yang didownload dari kamera digital dan ditransfer ke
    komputer berbentuk file digital, dan dapat dikirim melalui e-mail atau
    fax. Jumlah gambar yang dapat disimpan tergantung pada memori
    yang tersedia dan ukuran dari image.
    4.2.20 Video Camera
    Digital video camera belum digunakan secara luas dikarenakan file
    video umumnya berukuran sangat besar dan hanya beberapa menit
    gambar video yang bisa disimpan. Peralatan ini dinamakan frame
    grabber karena dapat menangkap image dari peralatan video seperti
    VCR atau kamera.
    Gambar 4.27 PC Video Camera
    84  Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
    4.2.21 Video Conferencing
    Dua atau lebih orang-orang secara terpisah yang menggunakan
    jaringan Internet untuk mengirimkan data audio dan video.
    Gambar 4.28 Video Conferencing
    4.2.22 Automated Teller Machine (ATM)
    Mesin bank self-serviceyang menghubungkan ke host komputer
    melalui suatu jaringan.
    Gambar 4.29 Automated Teller Machine (ATM)
    Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer  85
    4.3 Perangkat Keluaran
    Komputer memberikan informasi pada Anda dalam berbagai bentuk.
    Perangkat keluaran adalah peralatan yang digunakan untuk melihat
    atau memperoleh hasil pengolahan data/ perintah yang telah
    dilakukan oleh komputer.
    4.3.1 Monitor Atau VDU
    Visual Display Units (VDU) atau monitor digunakan untuk
    antarmuka secara visual dengan komputer dan tampilannya
    seperti sebuah televisi.
     Monitor adalah peralatan yang memungkinkan komputer untuk
    menampilkan informasi balik ke pengguna/user, dalam bentuk teks
    maupun grafik. Monitor mempunyai ukuran yang bervariasi, 14", 15",
    17" dan lainnya. Semakin besar ukurannya (dalam inci), maka semakin
    mahal, dan semakin luas gambar yang dapat ditampilkan pada
    monitor.
     Monitor memiliki beberapa variasi bentuk, resolusi screen yang
    berbeda yang merujuk pada jumlah titik yang bisa ditampung dalam
    koordinat X dan Y (640 x 480, atau 800 x 600), dan refresh rate, yang
    menunjukkan berapa kali per detik suatu gambar dapat ditampilkan
    pada screen (60Hz berarti 60 kali per detik).
     Monitor dengan resolusi screenyang lebih tinggi misalnya
    1024x768 membutuhkan ukuran monitor yang lebih lebar yaitu 21"
    (jika tidak maka akan kelihatan kecil sekali gambarnya jika
    ditampilkan dalam monitor berukuran 14"), dan juga membutuhkan
    refresh rate yang lebih tinggi misalnya 72Hz, untuk mencegah tampilan
    gambar pada screen terlihat berkedip-kedip (flickering). Secara umum,
    monitor terbagi atas :
    4.3.1.1 Monitor CRT (Cathode Rays Tube)
    Merupakan monitor yang berfungsi dengan prinsip penembakan sinar
    katoda. Bentuk fisik monitor ini sama dengan televisi namun secara
    umum hanya terdiri dari 4 blok, yaitu video, vertikal, horisontal dan
    power supply. Jenis monitor ini memiliki beberapa kelemahan, antara
    86  Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
    lain adalah: Membutuhkan daya yang besar, menghasilkan panas
    yang cukup tinggi, memiliki bentukfisik yang besar (walaupun ada
    juga yang memiliki dimensi yang  kecil namun tetap tidak praktis
    karena gambar yang dihasilkan tetap kecil) dan memiliki radiasi yang
    besar (walaupun ada beberapa jenis yang menggunakan jenis tabung
    tertentu yang mampu menyerap  radiasi yang dihasilkan oleh
    tembakan CRT). Namun, secara umum monitor ini memiliki harga
    yang cukup rendah sehingga tetap merupakan peratalan standar
    dalam unit komputer.
    Gambar 4.30 Monitor CRT
    4.3.1.2 Monitor LCD (Liquid Crystal Display)
    Sistem kerja monitor ini jauh berbeda dibandingkan dengan CRT. LCD
    menggunakan cairan kristal khususyang berpencar apabila dilalui
    oleh sinyal listrik sehingga menghasilkan bentuk dan warna.
    Kelemahan LCD adalah harganya yang cukup mahal dan komponen
    fisik yang ada amat rentan terhadap gangguan, namun LCD juga
    memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah: hanya memerlukan
    daya yang rendah (tegangan yang digunakan hanya 12 Volt), bentuk
    fisik yang kecil dan ramping sehingga mudah ditempatkan serta tidak
    menghasilkan radiasi.
    Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer  87
    Gambar 4.31 Monitor LCD
    4.3.2 Printer
    Anda dapat mencetak informasi yang ada di dalam komputer ke
    kertas. Hasil cetakan yang Anda buat dikenal sebagai hard copy.
     Ada beberapa variasi printer yang berbeda baik kecepatan
    maupun kwalitas cetakan. Ada dua jenis printer, yaitu: impact dan
    non-impact.
    4.3.2.1 Printer Impact
    Printer Impact menggunakan print head yang berisi sejumlah jarum
    metal (metal pins)yang mengenai pita inked yang ditempatkan antara
    print head dan kertas.
    Gambar 4.32 Printer Impact
    88  Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
    Beberapa print head hanya mempunyai 9 pin untuk membuat titik
    (dots)untuk membangun suatu karakter, ada juga yang mempunyai 24
    pin yang menghasilkan resolusi yang lebih baik. Salah satu contoh
    printer yang menggunakan 9 pin adalah Epson LX-300 dan 800,
    sedangkan yang menggunakan 24 pin adalah LQ (Letter Quality)1170
    dan 2180.
    4.3.2.1.1 Printer Dot Matrix
    Kecepatannya pada umumnya 30 - 550 karakter per detik (cps). Ini
    adalah yang termurah dan paling ribut dari keluarga printer. Standar
    cetakan yang diperoleh kurang bagus. Jenis ini disebut dengan “Dot
    Matrix” karena hasil cetakan dibentuk oleh hentakan jarum pada pita
    yang membentuk karakter berupa titik-titik yang beraturan. Oleh
    sebab itu, maka suara yang dihasilkanoleh printer jenis ini jauh lebih
    besar dan kasar dibandingkan dengan jenis printer lainnya. Kehalusan
    hasil cetakan ditentukan oleh banyaknya jarum yang digunakan
    Gambar 4.33 Printer Dot Matrix
    Gambar 4.34 Cara Kerja Dot Matriks
    Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer  89
    4.3.2.2 Printer Non-Impact
    Beberapa perbedaan teknologi  yang telah digunakan untuk
    menyediakan berbagai printer.
    Ada beberapa jenis printer non-impact, yaitu:
    ƒ  Printer Thermal.
    ƒ  Printer Ink Jet.
    ƒ  Printer Laser Jet.
    4.3.2.2.1 Printer Thermal
    Karakter dibentuk oleh unsur-unsur yang dipanaskan yang
    ditempatkan dengan kertas yang sensitif dengan panas khusus yang
    membentuk titik hitam ketika unsur-unsur menjangkau temperatur
    kritis.
    Gambar 4.35 Printer Thermal
    Printer thermal berkenaan dengan panas secara meluas dan
    menggunakan tenaga baterai seperti kalkulator.
    4.3.2.2.2 Printer Ink Jet
    Sesuai dengan namanya, printer jenis ini mencetak dengan
    menggunakan semburan tinta cair pada permukaan kertas, sehingga
    hasil cetakannya jauh lebih bagus, lebih cepat dibandingkan dengan
    dot matrix. Printer ini juga mampu mencetak warna dengan
    sempurna, bahkan beberapa jenis printer bahkan mampu mencetak
    90  Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
    dengan kwalitas foto dan mampu mencetak pada permukaan selain
    kertas (plastik dan kain). Printer inkjet yang terkenal saat ini adalah
    Canon BubleJet dan HewlletPackard.
    Gambar 4.36 Printer Inkjet
    Gambar 4.37 Ink-jet Printer Cartridges
    Gambar 4.38 Cara Kerja Ink Jet
    Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer  91
    4.3.2.2.3 Printer Laser Jet
    Printer jenis ini memiliki kecepatan dan kwalitas cetakan yang jauh
    melampaui Dot Matrix dan Inkjet. Prinsip kerja printer ini amat mirip
    dengan mesin photocopy, yaitu dengan prinsip serbuk tinta dan elemen
    pemanas. Secara umum, printer ini hanya mampu mencetak dengan
    dua warna (hitam dan putih), namun pada jenis tertentu telah
    dilengkapi dengan tinta warna sehingga mampu mencetak dengan full
    color.
    Gambar 4.39 Laserjet Printer
    Gambar 4.40 Toner Printer Laser
    92  Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
    Gambar 4.41 Enam langkah cara kerja laser
    4.3.3 Robot
    Robot bisa melaksanakan berbagai tugas sebagai hasil instruksi dari
    eksekusi yang dimasukkan di dalam suatu program. Dan ini sering
    kita lihat pada film-film barat yang telah menggunakan teknologi
    tinggi dan robot ini biasanya ditugaskan untuk tugas-tugas khusus
    sebagai pengganti manusia.
    Gambar 4.42 Robot pembuat mobil
    Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer  93
    Robot dalam pengertian bisnis berarti mesin otomatis yang dirancang
    untuk melaksanakan operasi keduniaan yang memerlukan ketelitian,
    seperti mengumpulkan dan membuat mobil. Mereka jarang dibuat
    yang menyerupai bentuk manusia.
    4.3.4 Machine Tool
    Peralatan Computer Aided Manufacturing (CAM) digunakan untuk
    pembuatan berbagai produk. Fungsi yang berulang dan dikendalikan
    oleh sekumpulan instruksi komputer.
     Alat-Alat mesin otomatis yang ada di pabrik akan memberikan
    keuntungan dibanding manusia seperti : ketelitian yang tinggi, dan
    mereka tidak memerlukan istirahat seperti minum kopi!
    4.3.5 Voice
    Voice synthesis mempunyai bunyi yang serasi dalam kaitannya
    dengan berbagai kesulitan replikasi pidato/ percakapan manusia yang
    kompleksitas dan pengucapan kata-kata.
     Voice Answer Back (VAB) digunakan untuk merespon terhadap
    permintaan telepon seperti mengucapkan jam.
    Gambar 4.43 Mainan pengeja
    Aplikasi dibidang pendidikan meliputi "Berbicara dan Mengeja" dan
    melatih berhitung.
    94  Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
    4.3.6 Plotter
    Plotter secara prinsip memiliki fungsiyang sama dengan printer. Yang
    membedakan secara umum adalah ukurannya. Plotter mampu
    mencetak pada kertas dengan ukuran A0, dan biasanya digunakan
    untuk mencetak peta dan gambar ukuran besar lainnya.
    Gambar 4.44 Plotter
    Plotter juga mengalami perkembangan yang cukup pesat, yang
    dimulai hanya dengan menggunakan pena sebagai alat cetak, hingga
    saat ini telah menggunakan inkjet dan bubuk tinta (Laser jet).
    4.3.7 Speaker
    Fungsi speaker pada komputer sama dengan fungsi speaker pada
    perangkat audio sistem. Yang membedakan secara garis besar
    hanyalah pada ukurannya. Speaker pada komputer dibuat se-efisien
    mungkin agar tidak terlalu memerlukan banyak tempat. Namun pada
    pengguna tertentu terkadang menghubungkan outputsound mereka
    pada perangkat speaker lainnya untuk lebih memberikan kepuasan
    yang lebih.
    Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer  95
    Gambar 4.45 Speaker
    4.3.8 Data Projector
    Alat yang mengambil image dari layar komputer dan diproyeksikan
    ke layar yang lebih besar.
    Gambar 4.46 Data Projector
    Masih banyak lagi output  Deviceyang sering digunakan pada
    komputer, utamanya pada sistem khusus yang diatur oleh komputer
    (misalnya pengontrol robot, dan lain-lain).
    96  Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi
    4.4 Kesimpulan
    Komputer adalah peralatan elektronik yang terdiri dari perangkat
    keras (hardware)dan perangkat lunak (software)yang memiliki
    kemampuan atau digunakan untuk membantu tugas manusia dengan
    cara menerima dan mengolah data yang dimasukkan menjadi
    informasi berdasarkan program yang dimiliki, yang kemudian
    hasilnya ditampilkan/ disimpan/ dikirim melalui perangkat keluaran.
     Salah satu definisi perangkat keras' menurut Kamus Webster's
    adalah ' item-item dari peralatan utama atau komponennya yang
    digunakan untuk tujuan tertentu.
    Perangkat komputer dibagi atas : perangkat masukan (input devices)
    digunakan untuk pemasukan data yang akan diproses. Beberapa
    Perangkat masukan yang umum digunakan pada suatu komputer
    adalah keyboard, mouse, joystick, touch screen, voice recognition, dan
    lain-lain.
     Segala sesuatu yang Anda dapat lihat dan sentuh pada PC Anda
    adalah perangkat keras. Daftar berikut Ini menyajikan suatu dasar
    satuan perangkat keras yang biasanya ditemukan pada PC.
    Perangkat keras tersebut adalah :
    ƒ  Casing PC.
    ƒ  Motherboard.
    ƒ  Power Supply.
    ƒ  Hard Disk Drive (HDD).
    ƒ  Floppy Disk Drive (FDD).
    ƒ  Compact Disk Drive (CDD).
    ƒ  Digital Video Disk drive (DVD).
    ƒ  Monitors (CRT dan LCD).
    ƒ  Keyboard.
    Bab 4 Teknologi Perangkat Keras Komputer  97
    ƒ  Mouse.
    ƒ  Audio.
    ƒ  Dan lain-lain.
    Masing-masing perangkat ini sangat maju dan berkembang dengan
    sangat pesat.***

    0 komentar:

    Posting Komentar